Friday, June 19, 2009

Fundamental 19 Juni 09

  • Geithner : Federal Reserve adalah lembaga terbaik untuk mengawasi perusahaan keuangan
  • SNB : Ancaman deflasi telah berkurang namun masih menjadi kekhawatiran
  • Permintaan telah meningkat meskipun jepang dalam situasi yang sulit
  • ekonomi cina akan tumbuh 7.2% di tahun 2008


Perdagangan currency sampai penutupan pasar Amerika, dolar berhasil pulih dari tekanan major currency, kecuali terhadap aussy. Sentimen positif dengan dólar muncul setelah adanya spekulasi bahwa obligasi Pemerintah Amerika akan meningkat kembali telah berhasil menarik para investor buying dolar. Kegagalan bursa saham dow jones melanjutkan rallynya turut berperang mengurangi sentimen risk appetite. Poundsterling tertekan dipicu oleh penurunan data retail sales U.K telah menggambarkan kondisi perekonomian U.K belum sepenuhnya stabil. Swiss franch tak luput dari tekanan pasar pasca komentar dari Gubernur SNB Jean Pierre Roth, ia menandaskan kekhawatiran penguatan mata uang Swiss franch yang terlalu tajam serta tidak tertutup kemungkinan melakukan intervensi ke pasar apabila penguatan swiss berlanjut. Sedangkan yen gagal melanjutkan trend bullishnya dipicu oleh aksi carry trade. Namun secara keseluruhan pergerakan dolar cenderung menyempit dalam minggu ini, pasar masih menantikan dorongan isu yang bisa mempengaruhi major trend. Minggu depan Fed meeting diperkirakan akan menjadi salah satu pendorong perubahan trend dolar selanjutnya.
Opini: penurunan data ekonomi terakhir U.K menggambarkan pemulihan ekonomi belum meyakinkan para investor serta bisa menghambat laju the cable lebih jauh lagi. Untuk itu kita cenderung memilih opsi jual pound.
evaluasi kemarin sterling melemah vs euro karena data retail sales
sterling jatuh ke level terendah 1 minggu terhadap euro pada kamis dan melemah terhadap dollar setelah data menjunjukkan penjualan ritel dan pinjaman publik lebih buruk dari perkiraan. Penjualan ritel inggris jatuh di luar perkiraan 0.6% pada mei, didorong oleh turunnya penjualan pakaian dan sepatu, sementara data lainnya menunjukkan pembiayaan publik inggris memburuk lebih dari perkiraan, dengan pinjaman net publik naik ke rekor tertinggi. Penjualan ritel naik 0.9% pada april
untuk hari ini tidak ada data fundamental yang terlalu memberikan efek besar pada market.

No comments:

Post a Comment